Cara Merawat Kamar Mandi Apartemen

By | 17 Oktober 2020
limbah apartemen 1 - Cara Merawat Kamar Mandi Apartemen

Cara merawat kamar mandi apartemen adalah hal penting karena kamar mandi pada hunian ini akan tampak bersih dengan perawatan tepat. Apalagi, biaya kerusakan pada ruangan ini tentu akan mengurangi nilai jika Anda ingin menjualnya pada kemudian hari.

Cara Merawat Kamar Mandi Apartemen

Kamar mandi bersih tentu akan membuat para penghuni apartemen merasa nyaman. Berikut adalah beberapa tips perawatan kamar mandi yang harus Anda perhatikan pada unit apartemen.

Tambahkan Tempat Sampah

Adalah hal dasar untuk Anda lakukan jika ingin menjaga toilet apartemen tetap bersih. Letakkan tempat sampah pada sudut kamar mandi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tempat sampah dapur, ruang santai, dan kamar utama.

Dengan menyediakan tempat sampah, maka dapat mengurangi sampah berserakan. Memang ini adalah barang kecil, tapi sangat membantu untuk membuat pemandangan tetap bersih dan nyaman. Lingkungan apartemen juga jadi lebih sehat.

Cara Merawat Tembok dan Lantai

Memang, bagian tembok kamar mandi adalah hal sepele. Namun, tahukah Anda bahwa pemilihan warna tembok sangat mempengaruhi ruangan?

Pada apartemen, kamar mandi sebaiknya memiliki tembok berwarna cerah. Dengan warna ini, maka dapat menciptakan nuansa lebar, walaupun ukuran sebenarnya adalah kamar mandi sempit.

Sebaiknya, penggunaan warna putih untuk toilet kamar mandi untuk memberikan kesan luas. Warna cerah juga membantu supaya  nuansa kamar mandi tampak lebih ceria. Hal ini juga akan membantu supaya para penghunit unit tetap nyaman ketika sedang menggunakan kamar mandi.

Pastikan juga untuk selalu membersihkan bagian tembok. Kemudian, gunakan bahan material yang mudah Anda bersihkan. Hindari juga menggunakan keramik atau bahan lainnya yang licin.

Karena kamar mandi pada apartemen terletak dalam ruangan, maka cara merawat kamar mandi apartemen adalah Anda harus lebih sering membersihkannya. Sehingga,  tidak hanya bersih dan wangi, namun tampak bersih secara menyeluruh.

Mengapa kamar mandi pada apartemen sebaiknya tidak perlu banyak ornamen? Pasalnya hal tersebut akan membuat tembok jadi sesak, penuh, dan bahkan berlubang.

Sebaiknya, hanya gunakan fitur minimal atau peralatan kamar mandi yang tidak merusak tembok.

Perawatan Lantai Kamar Mandi

Karena kamar mandi berada dalam ruangan, perhatikan lantai kamar mandi supaya tetap kering. Jika basah, maka lantai akan licin dan membuat masalah baru. Misalnya, kamar mandi jadi berlumut atau berkerak.

Bila perlu, tambahkan bilik shower, yaitu sekat supaya dapat membuat kamar mandi tetap kering. Sehingga, tidak akan mudah lembab. Tambahkan juga karpet pada bagian lantai kering. Fungsinya agar Anda dapat mengeringkan kaki setelah menggunakan kamar mandi.

Letakkan Semua Benda Dengan Tepat

Cara merawat kamar mandi apartemen tidak hanya membantu supaya area tampak bersih dan tidak mudah rusak. Namun, Anda perlu melakukan hal tersebut agar lingkungan tetap sehat. Menata perlengkapan kamar mandi juga perlu Anda perhatikan.

Mengapa perlengkapan kamar mandi harus Anda rapikan pada tempat yang sedikit jauh dari kloset apartemen?

Beberapa studi penelitian menyebutkan bahwa bakteri dan kuman jahat yang ada pada kloset ternyata bisa menyebar. Apalagi, jika Anda menyiram kloset duduk tanpa menutupnya.

Bakteri bisa berbaur dengan udara dan berpindah pada perlengkapan mandi yang Anda letakkan terlalu dekat dengan toilet.

Selain itu, merapikan perlengkapan mandi juga membantu supaya kamar mandi tampak bersih dan rapi. Pastikan seluruh barang juga bersih, yaitu dengan mengelapnya agar dalam kondisi kering.

Cara Merawat Kamar Mandi Apartemen – Pembersih

Kamar mandi adalah salah satu bagian dari rumah yang harus sering Anda bersihkan jika Anda membandingkannya dengan ruangan lain.

Membersihkan kamar mandi tentu saja harus menggunakan pembersih. Obat tersebut dapat Anda gunakan untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi.

Misalnya, Anda dapat menyemprotkan pada wastafel. Atau, Anda juga dapat menggunakan sikat saat membersihkan noda membandel.

Gunakan juga pembersih kaca supaya dapat membersihkan cermin tanpa harus membasahinya dengan air terlalu banyak. Pada bagian lantai kamar mandi, pakai larutan pembersih yang benar.

Bagian lainnya yang harus Anda bersihkan adalah shower, gagang shower, dan tirai shower. Seluruh proses membersihkan akan lebih mudah jika Anda menggunakan scrub dan kain microfiber.

Kemudian, bersihkan langit dan tembok kamar mandi. Termasuk untuk bagian lantai dan meja. Toilet dan wastafel juga menjadi sarang kuman. Perhatikan juga untuk selalu mengganti handuk tangan.

Perawatan Toilet

Cara merawat kamar mandi apartemen berikutnya juga tidak lepas dari memperhatikan kebersihan toilet. Toilet yang bersih, wangi, dan tampak kinclong tentu membuat siapapun akan nyaman. Anda dapat menggunakan obat pembersih yang serbaguna untuk membersihkan bagian toilet.

Beberapa alat kebersihan sangat membantu, seperti sikat toilet untuk menghilangkan noda kotoran. Atau, anda juga bisa menambahkan pewangi ruangan. Letakkan pewangi tersebut dekat toilet guna menciptakan aroma harum.

Pastikan Shower Dalam Keadaan Kering

Mengapa shower harus dalam keadaan kering setelah Anda menggunakannya? Ketika meninggalkan shower dalam keadaan basah, maka lumut dan jamur akan mudah tumbuh. Ituulah mengapa Anda perlu mengeringkan shower setiap Anda menggunakannya.

Bila perlu, tambahkan kipas ventilasi pada bagian kamar mandi. Dengan cara inilah maka, masalah lumut dapat Anda hindari.

Tips Perawatan Kamar Mandi Apartemen

cara merawat kamar mandi 1 1 1024x731 - Cara Merawat Kamar Mandi Apartemen

Cara merawat kamar mandi apartemen memang tidak mudah. Namun, dengan  perawatan maksimal akan membantu agar ruangan kamar mandi tidak mengalami masalah. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Setelah selesai menggunakan sikat penggosok atau spons untuk membersihkan kamar mandi, bilas dengan air bersih. Jika air pel sudah kotor, maka gantilah supaya kamar mandi juga bersih secara menyeluruh. Cara ini penting karena dapat membuang kotoran, bukan malah membuat kotoran justru menyebar ke kamar mandi.
  • Beberapa sudut dan celah kamar mandi akan sulit untuk Anda bersihkan. Apalagi jika Anda hanya menggunakan lap atau spons. Sediakan bola-bola kapas untuk membersihkan sikat gigi, sudut-sudut yang tidak mungkin dapat Anda jangkau serta sela-sela pada lantai kamar mandi.
  • Pemutih adalah salah satu solusi tepat untuk menghilangkan lumut. Gunakan pemutih sedikit saja, lalu biarkan beberapa menit untuk menghilangkan noda jamur. Hindari menggosok.
  • Anda juga membutuhkan pembersih guna menghilangkan noda karena air. Caranya yaitu dengan menyemprotkan pada bagian kepala shower pada kamar mandi apartemen.
  • Cara ini penting guna mengatasi shower yang tersumbat akibat adanya tumpukan noda karena air. Cairan pembersih juga dapat Anda semprotkan beberapa kali dalam satu minggu pada shower.

Peringatan Perawatan Kamar Mandi Apartemen

Hal yang wajib Anda hindari ketika sedang melakukan perawatan pada kamar mandi apartemen adalah tidak mencampurkan ammonia dengan pemutih. Hal ini penting, termasuk ketika Anda menggunakan spons yang bersentuhan dengan pemutih.

Jika bereaksi dengan ammonia, maka dapat menghasilkan gas glorin. Gas inilah yang membuat klorin jadi berbahaya dan beracun.

Terakhir, membaca label ketika menggunakan produk pembersih juga harus Anda perhatikan. Dengan membiasakan seperti ini, maka Anda dapat menemukan berbagai informasi. Misalnya, label akan memberitahu apakah Anda boleh mencampurkan produk tersebut dengan pemutih atau tidak.

Jika Anda menggunakan produk berbahan ammonia, maka berhati-hatilah jika sebelumnya Anda sudah menggunakan pemutih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *