13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

By | 12 Mei 2020
klosset duduk - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Cara memperbaiki kloset duduk mampet bisa kok dengan menggunakan beberapa cara sederhana berikut. Beberapa cara ini nggak butuh duit banyak dan nggak ribet.

Gimana sih cara memperbaiki kloset duduk mampet? Pernah nggak sih ketika kamu lagi asik buang hajat, tiba-tiba dibikin panik karena kloset duduk yang kamu gunakan susah dibersihkan? Bersyukurlah kalau kamu emang belum pernah. Tapi, beberapa orang pernah mengalami hal kayak gini loh.

Jadi, kondisi toilet tersebut seperti sampai kayak penuh dan mampet. Duh, semua orang pasti langsung panik dalam kondisi kayak gini. Gimana enggak, nggak mungkin dong kamu tinggalkan kloset tersebut dalam keadaan nggak bersih?

13 Cara Mengatasi Kloset Duduk Tersumbat/ Mampet

Sebelum kamu panggil nih tukang sedot wc atau jasa sedot wc Bima Sakti, kamu bisa kok menggunakan beberapa cara sendiri. Yap, ada beberapa cara untuk mengatasi wc atau kloset duduk yang mampet atau tersumbat. Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba kok di rumah.

1. Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Dengan Sabun dan Air Panas

sabun dan air panas - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Cara yang satu ini tergolong paling simple dan nggak pake ribet loh. Kamu tinggal menyiapkan sabun dan air panas. Caranya, siapkan sabun seperti sabun cuci piring, sabun batangan, atau sampoo. Kemudian campur dengan air dingin biasa untuk bikin air sabun. Setelah itu, siramkan air sabun ke dalam WC lalu biarkan sebentar.

Fungsi sabun disini adalah untuk membuat lemak yang ada pada kotoran bisa pecah. Kemudian, sabun juga berfungsi buat saluran pipa pada WC jadi lebih licin. Itu artinya, seluruh benda nih yang ada ada di dalam kloset, yang bikin mampet, bisa lebih mudah masuk ke septic tank.

Kalau udah selesai, selanjutnya kamu bisa mengambil air panas. Caranya, tuang air panas sebanyak mungkin ke dalam toilet atau kloset duduk yang mampet. Tuang sebanyak mungkin dan biarin sampai 20 menit. Terakir, siram berkali-kali supaya sisa kotoran bisa larut dan masuk kedalam septic tank, ya.

Nggak cuman bisa pakai air sabun, kamu juga bisa kok pakai cairan untuk pemutih pakaian. Caranya dengan dituang terlebih dahulu kedalam lubang WC. Setelah itu, tambahkan sabun. Nggak usah banyak-banyak, secukupnya aja. Terus, biarin dulu supaya sabun dan cairan pemutih bisa bereaksi.

Kalo sudah, kamu tinggal siramin tuh WC atau klosetnya dengan air sampai berulang-ulang supaya sisa kotoran juga bisa larut dengan air. Perlu dicatet nih, kalo begitu mampet langsung dipakein cara ini, pasti bakalan bisa berhasil untuk mengatasi toilet yang mampet. Jadi, begitu sadar kloset mampet, langsung deh segera tangani biar nggak kelamaan dan malah makin susah.

2. Soda Api Untuk Kloset Duduk Mampet

SODA API CAIR - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Pernah denger tentang soda api? Kalo belum pernah denger, soda api punya sebutan lain yaitu natrium hidroksida. Jadi, kamu bisa pakai soda api ini buat menyelesaikan urusan toilet duduk yang mampet. Kenapa bisa pakai bahan yang satu ini?

Soda api yang berbentuk padat ketika kamu masukin ke dalam toilet duduk tuh pasti bakalan muncul reaksi gelembung. Nah, gelembung-gelembung ini nanti bakalan bekerja untuk menghancurkan benda yang jadi biang kerok bikin mampet toilet. Toilet yang mampet kan biasanya karena adanya kotoran organic yang numpuk di dalem. Jadi, soda api bakalan memuai ketika langsung masuk ke toilet dan bikin kotoran jadi hancur.

3. Cara Mengatasi Kloset Mampet Dengan Baking Soda dan Cuka

BAKING SODA POWDER - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Nggak cuman soda api atau air sabun yang bisa kamu pake sebagai cara memperbaiki kloset duduk mampet. Cara lainnya yang pasti berhasil adalah pake baking soda dan cuka. Kedua bahan ini biasanya sering dipakai emak-emak buat ngilangin aroma yang nggak enak. Bahkan, juga bisa dipake buat mengatasi wastafel yang lagi mampet.

Untuk memulai, kamu tinggal menggunakan baking soda satu cangkir. Terus, sebar semuanya tuh di atas permukaan air WC. Biarin sampai mengendam dan kalpo udah, kamu bisa tuang dua cangkir cuka. Sebar sampai rata ya biar hasilnya efektif.

Ketika kedua bahan tersebut bercampur, pasti bakalan muncul gelembung sebagai reaksi. Biarin deh gelembung tersebut di kloset, jangan disiram. Biarin selama satu jam. Kalo masih belum berhasil dan kloset duduk masih aja mampet, kamu bisa tambahin cuka. Biarin selama semaleman. Jadi, jangan dipakai dulu ya, toiletnya. Kalo udah nggak sabar pengen segera dipake, mending langsung panggil aja jasa sedot wc Bima.

Biasanya sih, kalo sudah pake cara ini belum berhasil juga, berarti benda yang bikin mampet toilet duduk adalah benda anorganik. Benda ini bisa jadi adalah pembalut atau lainnya yang nggak bisa dihancurkan dengan dua bahan tersebut.

4. Pakai Gantungan Baju Kawat

GANTUNGAN BAJU KAWAT - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Benda yang satu ini emang bisa jadi penyelamat loh ketika kloseet duduk kamu lagi mampet atau tersumbat. Jadi, cara ini pasti bisa dilakuin oleh semua orang dong. Karena, pasti di tiap rumah selalu ada gantungan baju. Nah, caranya gampang banget. Kamu siapkan hanger atau gantungan baju dari kawat ya. Cara ini cocok buat benda yang bikin mampet yang nggak jauh dari lubang WC-nya.

Mulai dengan masukin dulu ujung yang lancip ke pipa WC. Terus, dorong aja pelan-pelan. Fungsinya adalah supaya kamu bisa mendorong benda yang bikin mampet tadi. Biar benda tadi bisa langsung masuk ke septic tank.

Nggak cuman untuk mendorong, kamu juga bisa kok pakai hanger atau gantungan baju ini buat menarik keluar benda yang bikin mampet tadi. Caranya juga gampang sih, yaitu dengan menggunakan gerakan memutar, sampai benda yang bikin mampet bisa nyangkut di hanger dan tarik perlahan. Terakhir, tinggal siram deh supaya benda yang bikin mampet nggak ada lagi di dalam wc.

Ketika pakai cara ini, ada baiknya buat bungkus bagian ujung hanger. Bagian yang tajam dibungkus pakai kain biar nggak bikin wc jadi rusak.

5. Pakai Plastik Pembungkus Makanan

PASTIK - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Percaya nggak sih kalo dengan pakai plastic pembungkus makanan doang, kamu bisa mengatasi kloset duduk yang mampet? Caranya juga nggak ribet-ribet amet.

Nah, plastik sebagai cara memperbaiki kloset duduk mampet ini adalah plastic yang biasanya dipakai buat bungkus makanan atau buah-buahan yang dijual di supermarket ya. Jadi, plastic ini kayak lengket gitu. Pakai plastic untuk menutup kloset duduk. Pastikan juga kalo plastiknya sudah bener-bener nempel gitu kan, sampai ketutup semua bagian kloset. Kemudian, pejet tombol flush berulang-ulang.

Ketika kamu melakukan hal tersebut, pasti plastic bakalan mengembang. Kloset yang di flush bakal menekan balik udara yang udah terperangkap ke dalam WC. Sehingga, udara itu juga bisa digunakan untuk menekan benda yang bikin kloset mampet supaya masuk ke dalam septic tank. Gampang, kan?

6. Alat Sedot WC Untuk Kloset Duduk Mampet

karet penghisap - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Pakai alat penghisap atau penyedot WC kalau toilet kamu mulai mampet nih. Ciri khas alat ini adalah berbahan karet dengan ukuran yang agak tebal. Fungsinya ya biar punya daya sedot yang kuat nih. Jadi, bisa kamu pakai sebagai cara memperbaiki kloset duduk mampet tanpa harus langsung panggil sedot wc Bima.

Caranya yaitu kuras terlebih dahulu genangan air yang ada kloset duduk. Kurasnya bisa pakai vacuum cleaner, atau alat penyedot debu. Kalau kloset udah kering, proses penyedotan benda yang bikin mampet bisa lebih gampang nantinya.

Kalau udah bener-bener kering, tinggal masukin aja selang penyedot debu ke dalam lubang wc atau kloset. Dorong sampai masuk ke dalam dan kamu tinggal nyalain deh alat vacuum cleanernya.

Cara lainnya bisa dengan pakai sikat WC. Bungkus sikat tersebut dengan plastic, terus pakai sikat itu buat menekan lubang pada toilet sampai benda yang bikin mampet tadi kedorong masuk ke septic tank.

7. Plumbing Snake

PLUMBING SNAKE - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Plumbing snake adalah alat yang juga digunakan untuk membersihkan WC. Cara memperbaiki kloset duduk mampet dengan menggunakan plumbing snake ini bisa kamu coba loh dan pasti berhasil. Alat ini bentuknya lentur, karena emang terbuat dari kawat yang bisa mengikuti lekukan saluran pada kloset duduk. Nah, alat ini juga aman kok karena nggak bakalan merusak toilet duduk. Biasanya, alat ini juga sering dipakai tukang ledeng buat benerin kloset duduk yang mampet.

Cara pakainya juga gampang banget. Kamu tinggal masukin aja ujung kawat yang lentur ke dalam saluran air. Terus, tekan ke bawah sampai kawat tersebut masuk cukup jauh ke dalam saluran air sampai sumbatannya bener-bener terasa.

Terus, kamu tinggal pilin dan dorong aja sumbatan tersebut. Jadi, benda yang bikin mampet bisa hancur jadi serpihan kecil dan bisa langsung masuk ke dalam septic tank. Biasanya, untuk sumbatan yang sulit hancur, kamu harus menggerakkan kawat tersebut dalam beberapa menit. Kalau udah terasa bisa mengalir, kamu tinggal mengguyur air dan lihat apakah emang udah beneran nggak mampet lagi atau masih mampet.

Cara lainnya juga bisa dengan memasukkan plumbing snake tersebut tapi dengan menggerakkan ke arah sebaliknya. Ini adalah cara memperbaiki kloset duduk mampet karena sumbatan benda keras. Kalau masih belum berhasil, mendingan langsung deh hubungi tukang ledeng atau sedot wc Bima Sakti.

8. Cuka dan Lemon

CUKA - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Dua bahan ini bisa juga kamu gunakan sebagai cara buat memperbaiki kloset duduk yang mampet. Kedua bahan ini punya sifat asam. Itulah kenapa sifat asamnya dapat dimanfaatkan buat menghancurkan benda organic yang bikin toilet jadi mampet.

9. Bubuk Pemutih

SERBUK PEMUTIH - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Untuk saluran toilet yang mampet, kamu juga bisa pakai bubuk pemutih. Bubuk pemutih ini punya funsgi supaya benda yang ada di dalam toilet dan bikin mampet saluran bisa langsung diuraikan oleh bubuk pemutih. Caranya tinggal ditabur dan biarin aja semaleman sebelum paginya kamu tinggal siram deh kloset duduknya.

10. Deterjen

DETERJEN - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Masih belom ketemu cara yang pas untuk memperbaiki kloset duduk yang mampet? Jangan nyerah gitu aja, karena masih banyak berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sumbatan benda di dalam toilet kok. Misalnya, kamu bisa pake deterjen. Caranya adalah dengan tuangkan air deterjen yang ada di saluran pembuangan. Terus, pakai penyedot toilet dan masukkan deh gelembung ke dalam saluran supaya kotoran yang bikin mampet bisa terangkat.

11. Minuman Berkarbonasi

MINUMAN COLA - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Berikutnya, cobalah dengan memakai minuman berkarbonasi. Minuman ini bisa jadi solusi terbaik buat bantu membersihkan saluran air di dalam toilet biar nggak tersumbat. Minuman berkarbonasi mengandung soda, jadi bisa digunakan untuk menghilangkan sumbatan yang ada di toilet.

12. Garam

GARAM KASAR - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Selain berbagai cara di atas nih, kamu juga nggak boleh kehabisan ide untuk memperbaiki kloset duduk yang mampet. Soalnya, kamu masih bisa menggunakan salah satu bahan dapur, yaitu garam. Ada beberapa kelebihan menggunakan garam. Pertama, garam adalah bumbu dapur yang bisa kok dicari dimanapun. Nyarinya juga gampang meskipun kalo pas di rumah kehabisan.

Nah, pake garam buat lancarin toilet yang mampet juga terbilang sebagai cara yang efektif dan terjangkau. Soalnya, memang harga garam nggak mahal-mahal amat. Kamu bisa pakai garam kasar atau juga garam balok yang dijual di warung.

Sebelum memulai, siapin dulu deh garam dapurnya, entah itu garam kasar atau garam balok sebanyak dua bungkus. Terus, buka bungkusnya dan tuangin garam ke dalam lubang kloset. Biarin dulu selama 2 jam. Kalau sudah cukup, tinggal siram lubang kloset pakai air panas.

Biar hasilnya lebih efektif, disarankan buat tambahin baking soda. Caranya, campur dulu baking soda dan garam. Satu cangkir baking soda dan garam yang dimasukkan ke dalam toilet bisa kemudian disiram dengan air panas sebanyak 1 liter. Setelah itu, biarin aja semaleman atau sekitar 8 jam.

13. Pakai Produk Enzimatis

ENZIM - 13 Cara Memperbaiki Kloset Duduk Mampet Terbukti Berhasil

Pakai produk ini buat mengatasi WC yang mampet tapi tetep aman dan nggak pakai ngerusak saluran pembuangan. Cara pakainya juga nggak ribet karena kamu tinggal tuangin aja produk tersebut. Cara menuangkannya tinggal ikutin aja anjuran pemakaian yang ada di labelnya. Menggunakan cara ini pasti berhasil kalau memang yang bikin kloset tersumbat adalah benda organic, bukan benda padat anorganik loh ya.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memperbaiki Kloset Duduk Mampet

Terakhir nih, sebagai peringatan. Sebelum kamu menggunakan berbagai cara memperbaiki kloset duduk mampet, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut.

Ketika memilih menggunakan produk untuk membersihkan saluran air yang ada di toserba, ini bukan cara yang paling direkomendasikan. Pasalnya, produk-produk tersebut kurang cocok untuk diterapin nih di toilet. Jadi, ada baiknya buat periksa dulu kayak gimana sih label penggunakan produk itu. Apakah produk itu udah sesuai untuk membersihkan toilet atau nggak.

Apalagi, beberapa produk kayak gini bisa memproduksi suhu tinggi ketika bereaksi dengan air. Itu artinya, kalau pemakaiannya nggak tepat, pasti bisa bikin kerusakan di toilet dan di pipa plastic yang menghubungkan toilet dengan septic tank.

Buat kamu yang pakai bahan kimia untuk pembersih saluran air, perlu diingat bahwa bahan-bahan yang ada di produk tersebut pasti berbahaya. Bahkan, juga bisa beracun. Jadi, pastikan nggak ada kontak dengan kulit atau mata. Kalau dengan berbagai cara dilakukan dan masih nggak berhasil juga, mendingan panggil aja tukang ledeng atau sedot wc Bima Sakti.

Sedot wc CV Bima bisa bantu mengatasi berbagai keluhan kok. Jadi, buat kamu yang frustasi dan punya keluhan kloset duduk jadi mampet, mendingan panggil saja ahlinya buat mengatasi hal tersebut. Cara ini efektif dan bahkan bisa menghindarkan dari resiko kerusakan karena berusaha memperbaiki sendiri tapi justru malah bikin rusak toilet. Itulah informasi tentang bagaimana sih cara memperbaiki kloset duduk mampet. Semoga bermanfat dan nggak mampet lagi deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *