Cara Memasang Kloset Duduk Dan Tips Memperbaiki Masalah Toilet

By | 4 Juni 2020
cara memasang kloset duduk - Cara Memasang Kloset Duduk Dan Tips Memperbaiki Masalah Toilet

Bagaimana cara memasang kloset duduk? Kloset duduk hadir dengan desain yang modern, elegan dan juga terkesan mewah. Kloset seperti ini biasanya sangat sering dipasang di rumah-rumah modern. Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika menggunakan kloset duduk. Pasalnya, para penggunanya juga tidak perlu jongkok terlalu lama. Sehingga, sangat baik juga untuk para pengguna yang punya masalah kesehatan di bagian kaki.

Tips Sebelum Memasang Kloset Duduk

Kami akan membahas keseluruhan bagaimana cara memasang kloset yang benar dan mudah. Sebelum memasang kloset duduk, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Ketahui Jenis Kloset Duduk

Walaupun kloset duduk punya bentuk yang berbeda dengan model yang bervariasi, tetap saja cara memasang kloset duduk masih sama satu sama lain. Sampai saat ini, terdapat tiga model kloset duduk yang paling diminati di pasaran, yaitu monoblok, duo-blok, dan terakhir adalah wall hung. Tentu saja, bentuk model monoblok dilengkapi dengan tangki air yang didesain menyatu dengan bowl atau badan toilet. Berbeda dengan duo-blok, yang punya tangki serta badan kloset yang terpisah.

Terakhir adalah kloset wall hung yang merupakan desain paling baru, karena tangki ditanam di dalam dinding. Sehingga, tampak membuat badan kloset menggantung di bagian luar dinding. Desainnya tampak indah sehingga cocok dipasang di kamar mandi modern. Bagaimana dengan kekuatannya? Menurut kami, kloset ini bisa menahan beban sampai 150 kg.

2. Ketahui Jarak Lubang Closset Dengan Dinding

Masing-masing kloset duduk pasti punya merk. Masing-masing merk juga pasti punya ukurang lubang yang berbeda atau disebut dengan roughing in. Sehingga, ini adalah hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai memasang kloset duduk yang sudah kamu beli. Bagaimana jika salah mengukurnya? Tentu saja, salah pengukuran bisa menyebabkan masalah ketika hendak melakukan instalasi di tempat yang sudah tersedia.

Misalnya, jika salah ukur dan jarak jadi terlalu dekat, maka tabung jadi tidak bisa dipasang sehingga membuatnya bersinggungan dengan dinding di kamar mandi. Sementara itu, jika terlalu jauh jaraknya membuat tabung juga tidak bisa terpasang. Tabung jadi terdorong ke tembok sehingga sewaktu-waktu bisa jatuh dan bahkan pecah.

Itulah mengapa ada baiknya untuk mencari terlebih dahulu berapa ukuran jarak antara lubang kloset ke dinding kamar mandi. Cara mencari tahunya adalah dengan memeriksa di bagian belakang. Atau, kamu juga bisa membaca buku petunjuk. Salah sedikit saja pasti akan menyebabkan masalah dalam pemasangannya nanti.

3. Pelajari Sistem Penyiraman

System penyiraman pada kloset duduk juga disebut sebagai flush. Ada dua tipe flush yang harus kamu ketahui. Pertama adalah jenis single flush dan kedua adalah jenis dual flush. Single flush berarti terdapat tombol dengan bentuk menyerupai tuas, yang mana kamu harus menariknya ke atas. Namun, untuk dual flush seringnya digunakan pada toilet-toilet modern yaitu berbentuk tombol. Umumnya, dual flush menggunakan perbandingan air dengan 3:6 liter.

4. Corak dan Warna Klosset Duduk

Mengapa hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum kamu membeli dan memasang kloset duduk? Tentu saja, ada pemilihan corak dan warna sangat penting dalam hal ini. Kamu sudah mencari kloset duduk yang pas dan sesuai kebutuhan, sehingga warna atau ccorak juga patut dipertimbangkan. Jika warna atau corak tidak sesuai, maka akan membuat kamar mandi kamu jadi tampak aneh dan kurang enak dilihat.

Nah, setelah tahu seperti apa hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memasang kloset duduk, waktunya untuk mempelajari seperti apa cara memasang kloset duduk. Semua akan dijelaskan dalam artikel berikut.

Panduan Cara Memasang Closet Duduk

Memasang kloset duduk adalah penting. Jika ingin memasang sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa kloset duduk dipasang di kamar mandi berlantai keramik. Kedua, pastikan bahwa terdapat saluran air pipa suplay atau air higienis yang idealnya berukuran 1/2 inch, tepat di belakang kloset. Sedangkan untuk saluran pembuangan juga menggunakan pipa dengan ukuran 4-inci, dipasang di ujung pipa tepatnya sejajar atau rata dengan lantai kloset.

Kemudian, jika beberapa hal di atas sudah dipenuhi, berikut prosedur atau tata cara memasang toilet duduk yang tepat:

1. Buka Cover

Buka cover terlebih dahulu pada toilet set. Kemudian, baca petunjuk. Untuk kamu yang menggunakan kloset dudukdd merk American Standard, maka jarak dari dinding belakang ke bagian tengah pipa harus 30,5cm.

2. Persiapan Alat

Siapkan juga beberapa alat yang kamu perlukan: Obeng plus, meteran ukur, obeng minus, catut/ tang kakaktua, lem silicon, kunci inggris, gergaji besi, bor listrik, kunci pipa, dynabolt berukuran 10 mm sekitar 2 buah, kunci 10, dan kunci 12.

3. Buat Lubang Pipa Air Bersih dan Lubang Pembuangan

 Siapkan lubang untuk pembuangan dan juga lubang untuk pipa suplai air bersih. Hal ini harus diperhatikan sebelum kamu memulai melakukan pemasangan kloset duduk.

4. Ukur Pengunci Bowl

Pastikan juga untuk mengukur pengunci bowl. Untuk American Standard, jaraknya adalah 14,5 cm. Kemudian, gunakan pensil atau alat tulis lainnya untuk memberi tanda. Buat lubang di bagian sisi kanan serta sisi kiri dengan jarak tersebut, lalu bagi dua titik di tengah pipa. Lanjutkan dengan memasukkan baut, mengencangkan kunci 12, dan lepas murnya.

5. Pasang Wax Ring

Mulai pasang wax ring dengan cara membalik kloset duduk terlebih dahulu. Cara memasang wax ring adalah dengan menekan di bagian sisi lubang. Lalu, psatikan bahwa wax ring benar-benar lengket di bagian lubang kloset.

6. Pasang Stop Kran

Pasang juga stop kran, T, juga flexible hose dan juga jet shower yang ada di bagian belakang kloset duduk. Untuk tahap pemasangan ini, kamu membutuhkan kunci pipa atau kunci inggris. Fungsinya adalah supaya memasang stop kran bisa lebih kencang.

Kloset duduk dengan tempat duduk yang dilengkapi bijet berarti membutuhkan T yang harus dipasang di bagian belakang kloset. Jadi, sebaiknya hindari memasang kloset terlebih dahulu. Sebab, nanti akan kesulitan memasang stop kran.

7. Mulai Pasang Klosset

Mulai memasang kloset di atas lubang pipa yang sudah dipasang baut di bagian sisi kanan serta sisi kiri. Jika sudah, mulai pasang lubang kaki kloset sesuai dengan baut, kemudian pasang juga mur dan ring. Lalu, kencangkan menggunakan kunci berukuran 12. Bisa juga dnegan menggunakan kunci yang sesuai dengan mur yang kamu gunakan.

8. Pasang Tank Trim

Selanjutnya, mulai memasang alat alat di dalam tangki, atau juga dikenal dengan tank trim. Kemudian, pasang di bagian kloset duduk. Untuk memulai, jangan lupa untuk memasang rubber tank untuk menghindari kloset bocor serta dudukan tangki.

9. Flexible Hose dan Tank Trim

Hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah dengan memasang flexible hose di bagian T stop. Setelah itu, sambungkan ke tank trim. Pastikan bahwa sambungan benar-benar kencang dengan cara memutar drat.

10. Atur Pengatur Ketinggian Air

Bagian yang tak kalah pentingnya ketika mempelajari cara memasang kloset duduk adalah dengan mengatur ketinggian air. Ketinggian air bisa diatur di bagian pengatur ketinggian air. Pastikan bahwa kamu mengatur ketinggian air sesuai kebutuhan.

11. Cara Memasang Klosset Duduk: Push Button

Push button adalah tombol yang ada pada kloset duduk. Tahap berikutnya dalam memasang kloset duduk adalah memasang tutup tangki serta tombol tersebut. Lalu, pasang juga seat cover yang ada untuk kloset.

12. Uji Closet

Sebelum kamu benar-benar menggunakan kloset duduk yang sudah kamu pasang, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan ujicoba terlebih dahulu. Hal ini penting una mencari tahu apakah ada rembesan air, tangki bocor atau kendala lainnya pada flexible hose.

Itulah panduan lengkap tentang tata cara memasang kloset duduk di rumah. Tentu saja, semua ini membutuhkan kecermatan agar tidak ada kesalahan saat memasangnya. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk memasang toilet tersebut sendiri di rumah.

Ada baiknya untuk memasang kloset duduk dengan memanggil jasa yang tepat. Dengan menyerahkan pemasangan tersebut pada jasa yang professional yang sudah berpengalaman, maka tentu akan mengurangi kendala yang terjadi. Sehingga, toilet bisa dipasang dengan tepat tanpa ada masalah di lain waktu.

Jika kamu mengalami masalah pada kloset duduk, seperti misalnya toilet macet, maka hubungi jasa sedot WC milik kami. Dengan pengalaman kami dalam melayani berbagi pelanggan di Surabaya, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo, dan lainnya, kami bisa menyelesaikan masalah toilet atau WC dengan cepat.

Cara Memperbaiki Kloset Duduk Bermasalah Setelah Pemasangan

Setelah mempelajari cara memasang kloset duduk, biasanya ada beberapa masalah yang terjadi di waktu kedepan. Berikut kami telah mengumpulkan berbagai informasi tentang masalah apa saja yang bisa terjadi pada kloset duduk dan bagaimana cara memperbaikinya:

1. Masalah Saluran

Untuk masalah saluran, seperti air jadi terus mengalir, biasanya kloset duduk tersebut punya masalah di bagian tombol flush. Perhatikan pada bagian tombol flush apakah kembali seperti semula setelah ditekan atau tidak. Jika tombol tampak kembali optimal, berarti masalah berada di bagian flapper.

Apa itu flapper? Bagian ini disebut sebagai katup yang terbuka dan fungsinya adalah untuk keluarnya air. Flapper bisa terbuka jika tombol flush ditekan. Kemudian, jika tombol sudah kembali ke tempat semula maka flapper akan menutup dan air bisa berhenti keluar.

Jika air masih terus mengalir, berarti masih ada yang nyangkut. Periksa terlebih dahulu di bagian flapper. Jika flapper bermasalah, sebab tidak langsung kembali ke tempat semula, berarti memang harus dibenarkan. Atau, mungkin juga karena ada masalah dengan ukuran flapper.

Jika hal tersebut terjadi, tentu kamu harus menghubungi jasa professional yang dapat mengatasi masalah tersebut. Terutama jika flapper butuh diganti yang baru. Flapper yang tidak rapat ketika menutup karena ukuran atau bagian yang sudah rusak, itu artinya kamu bisa menggantinya dengan flapper baru, namun harus dengan ukuran yang sama.

2. Kloset Duduk Tersumbat

Jika kamu sudah bisa melakukan cara memasang kloset duduk dengan tepat, maka bagaimana jika kloset duduk tersumbat di kemudian hari? Kamu juga bisa memperbaikinya sendiri. Walaupun, masih sangat disarankan untuk menyerahkan pada jasa yang professional dan pengalaman untuk menghemat waktu.

Kloset duduk yang mampet bisa diperbaiki dengan mematikan aliran air terlebih dahulu. Hindari menyiram atau nanti kloset jadi meluap. Gunakan keran air di bagian dinding yang terhubung dengan tuas kloset duduk, lalu putar sesuai jarum jam sampai tertutup. Cara ini akan membuat air berhenti mengalir di bagian tangki kloset.

Lanjutkan dengan menggunakan pembersih toilet. Alat ini sering digunakan oleh tukang ledeng untuk mengatasi masalah aliran tersumbat. Alat tersebut harus cuukup besar sehingga bisa menutupi lubang kloset duduk. Kemudian, di bagian dalam kloset duduk harus ada air yang cukup. Jika air tampak sedikit, maka kamu harus mengambil air dari wastafel lalu tuangkan ke dalam kloset seperlunya.

Lanjutkan dengan memasukkan alat penyedot tersebut ke dalam lubang kloset duduk. Pompa secara kuat sampai terdengar suara di dalam pipa. Pompa sampai 5-10 kali kemudian tarik untuk melihat hasilnya. Ulangi prosesnya sampai benar-benar tidak mampat.

3. Mengatasi Kloset Duduk Bocor

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah kamu melakukan cara memasang kloset duduk dengan baik adalah ketika kloset tiba-tiba bocor seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, maka kamu harus menccari bagian yang tampak seperti bola mengapung di bagian permukaan air. Kemudian, atur masuk air mulai dari bagian pipa sampai ke tangki. Jika sudah diangkat dan air tampak berhenti masuk ke dalam tangki, maka masalah yang terjadi adalah pada bagian permukaan air di tangki yang tidak naik cukup tinggi. Dengan demikian, maka kloset seolah-olah butuh air berlebih dan akhirnya bocor.

Mengapa kloset bocor harus segera diperbaiki? Karena ini akan membuat biaya tagihan air jadi lebih mahal. Sehingga, akan meningkatkan anggaran pengeluaran.  Hal lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa bagian pelampung. Pelampung bengkok membuat bola tersangkut di dalam tangki, atau bagian tuas penyiram. Cara memeriksanya dengan menyiram kloset duduk untuk melihat apakah tuas penyiram tersangkut atau tidak. Jika tersangkut, kamu bisa membetulkan kembali posisi pelampung supaya bisa mengapung bebas seperti sebelumnya.

Penyebab ketiga bisa karena bola pelampung harus dilepaskan terlebih dahulu. Caranya dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Cara ini bisa jadi solusi ketika air terperangkap di bola pelambung, sehingga tampak berat dan air di dalam tangki juga jadi tidak mudah naik. Untuk itu, kamu harus membuang air yang ada di dalam bola dan kemudian memasang kembali bola pelampung tersebut. Untuk bola yang sudah rusak, sebaiknya diganti dengan baru.

4. Dudukan Kloset Duduk Rusak

Cara memasang kloset duduk, terutama pada bagian dudukan juga sangat penting untuk kamu pelajari. Dudukan kloset yang rusak harus diganti denan yang baru. Caranya dengan melepaskan semua bautnya dari skrup yang ada di pinggiran kloset, kemudian tarik tempat dudukan bersamaan dengan tutupnya. Jika ada baut pada bagian bawah pinggirian toilet duduk, lepaskan terlebih dahulu menggunakan kunci inggris.

Untuk baut yang berkarat dan sulit untuk dilepaskan, gunakan WD-40, dengan cara disemprot. Cara ini akan membuat baut kembali longgar. Kemudian, gunakan kunci inggris supaya kloset tidak rusak. Untuk membeli yang baru, maka kamu harus membeli dengan ukuran yang sama. Ukur terlebih dahulu panjang dan lebar dudukan. Sedangkan ketika hendak memasang dudukan baru, maka pasang baut sesuai dengan semua lubang yang tersedia di pinggiran kloset. Hindari terlalu keras ketika memasangnya.

Itulah informasi lengkap tentang cara memasang kloset duduk, beserta berbagai cara mengatasi masalah yang sering terjadi dalam kloset duduk, semoga bermanfaat!

Sumber:

https://id.wikihow.com/Memperbaiki-Kloset-Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *