Cara Membersihkan Kamar Mandi, Langsung Kinclong

cara membersihkan kamar mandi

Cara membersihkan kamar mandi sangat penting untuk diperhatikan, bro. Kalo kamu tau cara yang tepat, pasti dong kerjaan jadi lebih mudah. Kamu juga bisa menghemat biaya, energi, dan waktu. Sebagai salah satu bagian rumah yang paling gampang kotor, kamar mandi bersih bikin nyaman siapapun yang pake’.

Bukan cuman itu, tetapi punya kamar mandi yang bersih, bikin rumah jadi sehat dan meminimalisir penyebaran penyakit. Apalagi bagi semua tamu, cara paling gampang buat menilai gimana kepribadian kamu nih adalah dari kamar mandi. Nah gimana sih cara membersihkan kamar mandi yang paling efektif? Kamu bisa ikuti seluruh tipsnya berikut.

Cara Bersihkan Toilet

Ada dua jenis toilet, toilet jongok dan toilet duduk. Jadi, kamu harus tau kalo masing-masing membutuhkan perawatan atau cara membersihkan yang agak beda, kayak gini:

Kloset Jongkok

Caranya gampang kok, mulai dengan kasih produk pembersih kloset jongkok, terutama di bagian pinggiran dan bagian cekungan dalam toilet. Kalo sudah nih, gunakan sikat, lalu sikat sampai bener-bener bersih. Bilas pakai air bersih.

Kloset Duduk

Nggak jauh berbeda dengan toilet jongkok. Membersihkan kloset duduk ini juga dimulai dari bagian dalam. Kalo udah, bisa ulangi proses membersihkan sampai bener-bener kinclong. Untuk menangani noda membandel atau warna toilet yang keliatan menguning, bisa coba cara berikut:

  • Pakai pemutih baju di atas permukaan mangkuk kloset.
  • Tutup dudukan toilet, biarin dulu biar kotoran keangkat.
  • Sikat bentar aja, siram pakai shower ya Bro.

Jangan lupa juga buat bersihin penutup kloset. Caranya gampang, yaitu tinggal pakai spons juga disinfektan. Pakai kain untuk lap seluruh permukaan. Atau, bersihkan pakai sabun juga sikat sampai bersih.

Wastafel

Wastafel juga bagian dari kamar mandi yang wajib kamu bersihkan. Membersihkan wastafel juga nggak susah-susah amat. Soalnya, kamu tinggal pakai sabun mandi atau juga cairan khusus yang ada di kamar mandi.

Gampangnya, tinggal tuang cairan tersebut terus sambil digosok seluruh permukaan pakai sikat gigi bekas, bro. Inget, pakainya harus sikat halus biar permukaan wastafel nggak rusak. Bilas dengan air bersih lalu keringkan.

Nah, gimana kalau wastafel tampak berkerak? Jangan kuatir, kamu bisa pakai air panas buat ngilangin kerak tersebut. Mulai dengan sumbat dulu wastafel dengan tutupnya, lalu tuang air panas dan biarkan sampai suhunya bener-bener turun.

Lantai Kamar Mandi

Bagaimana cara membersihkan kamar mandi, terutama lantainya? Entah itu adalah area shower, bathtub, atau area mandi, gunakan karbol. Seringkali di daerah-daerah tersebut begitu licin karena sering terkena busa sabun mandi juga shampoo.

Caranya bisa dengan pakai sikat gagang panjang buat gosok lantai tersebut. Biar cepet ilang, kamu harus pakai tenaga ketika menggosok ya, Bro.

Nat Lantai Kamar Mandi

Kamar mandi yang terbuat dari lantai seharusnya jangan sampe ada kontak dengan pembersih yang mengandung asam. Soalnya, nat keramik itu terbuat dari semen dan bisa korosi, terkikis atau sampai rusak berlubang.

Jadi, biasanya di bagian itu juga ada banyak rambut rontok. Bersihin aja rambut rontok biar saluran air kamar mandi nggak tersumbat. Cara membersihkan kamar mandi, untuk rambut yang rontok bisa pakai tissue. Angkat semua rambut dan buang ke tempat sampah.

Membersihkan Lumut

Kamar mandi dengan ventilasi cukup biasanya nggak punya masalah dengan lumut. Soalnya, lumut ini tumbuh di tempat lembab. Kalo dibiarin bisa meninggalkan bekas, bangunan kamar mandi juga jadi rapuh. Lumut di lantai juga berbahaya loh, karena emang licin.

Gimana sih cara ngilangin lumut di kamar mandi? Gak susah kok. Kamu tinggal pakai garam 3 sendok dan campur dengan 2 liter air. Rebus sampai larutan mendidih. Kalo garam yang paling bagus, apa? Buat perawatan kamar mandi ini, garam laut lebih bagus.

Mulai bersihin deh permukaan kamar mandi, terus bilas pakai air rebusan tadi. Terus ulangi sampai bersih biar hasilnya optimal.

Menghilangkan Kerak Membandel

Kerak menumpuk di kamar mandi juga jadi salah satu masalah besar yang sering bikin pusing. Kerak ini adalah tumpukan kotoran yang nggak langsung dibersihin. Jadinya, cairan bekas air sabun, noda jamur, juga lumut campur tuh jadi satu sampai kering dan numpuk.

Biar nodanya bisa ilang, kamu nggak harus pake pembersih lantai. Soalnya, ada asam cuka yang juga efektif buat angkat kotoran. Terus caranya gimana dong?

Gampang banget! Kamu bisa campur itu larutan asam cuka. Terus, tambahin air dengan perbandingan 1:1. Kalo udah, siram larutan ke masing-masing sudut kamar mandi. Terutama, yang ada keraknya. Kalo sudah disiram sampai rata, gosok biar keraknya keangkat dan lantai jadi bersih.

Kalo masih ada sisa kerak dan susah banget diilangin, kamu juga bisa kok siram pakai larutan asam cuka. Tapi, nggak usah dicampur air ya! Gosok sedikit keras buat angkat kerak di lantai kamar mandi.

Bersihkan Perabotan di Kamar Mandi

Cermin

Kenapa cermin di kamar mandi gampang kotor sih? Jadi, ini tuh adalah hal yang wajar. Ketika di kamar mandi, cermin jadi kena uap air sehingga gampang berjamur. Nggak hanya itu, noda sabun juga sering mengenai cermin sampai akhirnya muncul noda membandel.

Cara membersihkan cermin yang ada di kamar mandi itu terbilang gampang kok. Siapin handuk atau lap deh. Basahi pakai air yang sudah dicampuri cuka ya Bro. Terus, kamu tinggal usap ke permukaan cermin sampai kinclong. Terus, bilas pakai air dan terakhir lap kering.

Alat – Alat Mandi

Selain hal-hal di atas tuh, kamu juga wajib bersihin peralatan mandi, Bro. Jangan lupa juga buat bersihin bagian lainnya kayak rak penyimpanan. Cara bersihinnya juga sederhana, yaitu bilas pakai air terus keringin. Biar kamar mandi jadi bikin kamu lebih betah, tambahin deh vas bunga di atas rak.

Ada banyak debu yang biasanya terselip di antara berbagai botol peralatan mandi. Botol shampoo dan sabun yang udah kosong bisa diisi lagi. Sedangkan buat barang-barang yang nggak kepakai, mending segera dibuang deh!

Cara Bersihkan Saluran Air Wastafel

Kenapa wastafel atau saluran air di kamar mandi bisa tersumbat? Itu karena adanya kotoran yang berkumpul di area tersebut. Cara paling simple biar saluran air di wastafel atau lantai nggak terjadi, kamu bisa menyodok atau juga memancing kotoran biar keluar.

Cara lainnya bisa pakai cuka, dicampur bubuk soda kue dan tambah air anget. Larutan ini ampuh buat kamu yang pengen menghancurkan berbagai kotoran yang menyumbat.

Membersihkan Langit-Langit

Biasanya nih, di bagian langit-langit kamar mandi, ada debu juga sarang laba-laba. Kamu bisa pake sapu panjang pembersih langit-langit biar nggak ada lagi debu atau sarang laba-laba. Cara bersihinnya juga gampang kok. Mulai dari satu sudut ke bagian tengah langit-langit. Jangan sampe ada kotoran yang masih tampak melayang, ya!

Nah, sekarang kalian sudah tahu gimana cara membersihkan kamar mandi sampe kinclong. Pokoknya sering-sering bersihin kamar mandi biar nggak ada kotoran yang kering dan jadinya makin susah dibersihin ya!

Demikian info dari kami, terima kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi website kami. Apabila toilet di kamar mandi kamu bermasalah, langsung saja hubungi ahlinya pakar sedot WC dan limbah terpercaya CV Bima.

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membersihkan-kamar-mandi/

https://www.dekoruma.com/artikel/79007/cara-membersihkan-kamar-mandi

https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00223568.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *