Cara Membuat Septic Tank Ideal Agar Rumah Sehat

cara membuat septic tank

Gimana sih cara membuat septic tank yang bener? Septic tank fungsinya nggak jauh beda dengan bak, sebagai penampung. Bak ini menampung limbah dari water closet (WC) yang kamu

Nah, pada saat bangun membangun septic tank, seringkali ditambah sekat pakai dinding bata. Nggak cuman itu, kamu juga harus menambah penutup, pake pelat beton, penutup kontrol.

Nggak kalah penting, kamu juga masih perlu tambahin pipa hawa T berdiameter 1,5-inci. Jadi Bro, kalo nggak ada semua itu, septic tank nggak bakalan punya saluran udara atau oksigen yang pas.

Tahap Membuat Septic Tank

Emang apa sih pentingnya bakteri di septic tank? Bakteri itu menghancurkan kotoran biar septic tank nggak gampang penuh. Karena bangun septic tank nggak boleh sembarangan, kamu harus merencanakan semuanya dengan baik, seperti berikut:

1. Septic Tank

Bikin septic tank itu bisa untuk satu rumah, atau bisa juga komunal/ bersama. Septic tank yang komunal bisa dipake barengan buat lima rumah.

Kalau bikin dengan model sumur resapan, ini juga bisa, tapi tergantung dari lahan yang tersedia. Jadi, kalo bikin model komunal nih ya, berarti kamu harus siapin lahan luas.

Tapi kalo lahan itu nggak tersedia, terus gimana dong? Nggak masalah sih, kamu bisa kok bangun filter. Fungsinya ya buat gantiin fungsi dari bidang resapan itu.

Itu berarti kamu harus bikin filter di tempat yang kalo buat nguras itu gampang, bukan nyusahin. Volume dan ukuran filter juga nggak boleh sembarangan.

Kamu harus bikin filter dengan menentukan berapa pemakainya dan kapan bakalan dikuras filternya. Kamu harus bisa asumsi kira-kira berapa volume tinja yang masuk ke dalam tangki dan bisa diolah.

Nggak cuman itu, volume sama ukuran tangki juga ditentukan dari jenis tanahnya apa, daya serap tanahnya gimana. Terus, kamu juga harus ngukur berapa tinggi muka air, soalnya air keluar di tangki harus diolah di filter.

2. Bidang Resapan

Terus apa aja dong hal-hal yang harus diketahui, buat bangun septic tank? Kamu bisa ngikutin aturan ini bro:

  • Pas lagi bangun nih, tentuin dulu ukuran sesuai tinggi muka air tanah. Kamu juga harus cek jenis tanahnya.
  • Kasih jarak dari sumber air bersih, paling nggak 10 meter
  • Bikin cuman buat 5 rumah

3. Rembesan/ Resapan Buat Air Kotor

Rembesan apaan sih? Rembesan ini lubang yang kamu bikin nggak jauh dari septic tank. Fungsinya ya biar ada aliran air limbah dari tangki, dan bangunnya juga sama, nggak boleh sembarangan.

Selain harus dilapisi pakai macem-macem bahan dari pasir, ijuk, krikil, split, ditumpukin ijuk lagi, tambah krikil, terus ijuk. Kalo udah, tambah batu karang berongga, terus ijuk lagi, lanjut pasir, terus tumpuk lagi, gitu terus.

Pokoknya, di sekeliling lubang itu harus ada ijuk. Kamu juga harus siapin paralon ukuran 2,5-inci, Bro.

Pasang paralon itu di bagian rembesan, terus tambah lubang-lubang, biar nanti air limbah bisa nyebar lebih gampang. Kalo pasang sumur pompa atau jet pump nih, pasangnya kira-kira 10 meter lebih dari septic tank atau rembesan.

Kenapa harus kayak gini? Cara membuat septic tank kayak gini cukup penting biar rumah jadi lebih sehat. Soalnya, air limbah di rembesan nggak bakalan mencemari sumber air bersih.

4. Bak Kontrol

Nah, tahap selanjutnya nih ketika kamu pengen tahu gimana sih cara membuat septic tank biar rumah tetep sehat. Selain semua hal di atas, bak kontrol juga nggak boleh ketinggalan ya, Bro.

Pastiin kalo bikin bak kontrol itu harus lebih dalem dibanding dasar dari saluran air kotor. Kenapa? Biar nanti endapan tinja yang udah dihancurin bateri itu, jadi lebih gampang bersihinnya.

Bak kontrol juga diletakkan di bagian penutup tangki, fungsinya untuk pengontrol. Selain itu, juga buat input selang ketika nyedot air limbah dari tangki septictank.

Menggunakan Buis Beton

Punya rencana bangun septic tank pake buis beton?

Apa sih buis beton itu?

Jadi, buis beton ini juga dikenal sebagai gorong-gorong, yaitu beton pracetak, bentuknya kayak tabung, Bro. Biasanya sih sering dipake buat konstruksi saluran pengairan.

Nah, buis beton juga biasanya dipake buat septic tank dan jadi pilihan orang banyak. Alesannya sih karena emang kamu tinggal tambahin sekat bata, buat keluar masuknya udara, jadi bakteri bisa ancurin tinja.

Itulah kenapa, kalo septic tank pake buis beton nggak perlu disedot, soalnya kotoran yang udah ancur bakal meresap dalam tanah. Jadi, bau kotoran atau juga pencemaran limbah nggak bakalan mengganggu, Bro.

Buat kamu yang lagi bangun rumah dan lagi mikir pakai gorong-gorong untuk bangun septic tank, gampang. Kamu bisa ikutin semua panduan cara membuat septic tank berikut ini:

1. Persiapan

Ada banyak persiapan yang harus kamu lakuin dulu nih sebelum bangun septic tank dari buis beton. Misalnya, kamu harus cari lokasi yang tepat, melakukan pengukuran, dan siapain tuh semua peralatan yang kamu perlukan.

Oh iya, bangun septic tank-nya jangan terlalu jauh deh dari rumah. Biar kamu juga nggak perlu bikin saluran yang terlalu panjang juga sih, bakalan repot dan makan biaya.

Ukur septic tank sesuai dengan berapa jumlah orang yang tinggal di rumah, ya. Semakin banyak orang yang tinggal disitu, ya harusnya semakin dalem juga sih daya tampung atau volumenya.

Selesai mengukur, waktunya untuk siapin semua bahan material yang diperlukan. Mulai buat belanja buis beton, batu bata, pipa paralon, tutup buis beton, dan alat buat gali tanah.

2. Gali Area Sumur Tangki

Kalo urusan nomor satu udah kelar nih, kamu bisa proses selanjutnya yaitu mulai gali lokasi septic tank. Oh iya, ketika gali bagian sumur tangki nih, buat dua lubang galian sesuai ukuran buis beton.

Fungsi lubang galian yang satunya adalah buat resapan kotoran. Cara bikin lubang galian resapan kotoran ini gampang kok, tinggal kasih jarak 50 cm aja dari septic tank.

3. Mulai Pasang Buis Beton dan Paralon

Nah, di tahap ini nih, lubang yang sudah digali udah siap dipake, tinggal masang buis beton dan  paralon. Caranya tinggal masukin buis beton di tiap-tiap lubang.

Selesai pemasangan buis beton, tambahin sekat di tiap-tiap buis beton pakai batu bata, Bro. Lanjut dengan bikin saluran dari paralon yang fungsinya biar kotoran dari toilet bisa ngalir nih.

Biar nggak ada masalah kedepannya, kayak septic tank tersumbat, atau mampet, pake paralon yang gede. Biar rapih, paralon ditutup dengan cara ditimbun tanah yang bisa kamu bongkar, biar kalo ada masalah bisa dibenerin.

4. Tes

Proses bikin septic tank dari buis beton udah kelar dan jangan seneng dulu. Kamu masih haru uji coba nih, apakah sudah berfungsi normal belom.

Tes ini harus dilakuin loh, biar kamu juga tahu kalo nggak ada masalah kedepannya. Kalo udah normal nih, kamu tinggal pasang pipa udara di bagian salah satu lubang biar jadi bagian resapan.

Jangan sampe di-skip deh, bagian satu ini, kenapa? Soalnya banyak septic tank meledak gara-gara nggak ada bagian ini loh. Perlu diketahui juga, kalo septic tank nggak ada saluran udaranya bikin gas didalam nggak bisa keluar dan meledak.

Kalo semua sudah aman nih, baru deh kamu bisa melakukan bagian terakhir yaitu tutup buis beton. Nah, gimana? Kamu bisa kok melakukan ini sendiri atau meminta bantuan tenaga professional biar aman sih.

Cara Membuat Septic Tank Di Perkotaan

Pembahasan penting lainnya tentang cara membuat septic tank adalah gimana sih kalo kamu tinggal di perkotaan. Pasti ini nggak gampang banget dan dilematis, karena kebanyakan sering mengalami septic tank bocor atau cepat penuh.

Resiko kalo septic tank penuh atau bocor, pasti bakteri mikroba berbahaya dan nggak bisa terurai bakalan mencemari lingkungan. Apalagi, di area perkotaan rrumah warga cenderung berdempetan, jadi sangat rentan mencemari lingkungan.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan tandon yang ada di dalam tanah, Bro. Kalo bikin tandonnya kurang bener, pasti nanti air yang ada di sekitar bakalan tercemari.

Tips Sebelum Bikin wilayah di Perkotaan

Punya rencana bikin septic tank? Pastikan sesuai dengan poin berikut ya Bro, biar kamu nggak salah pilih lokasi:

  • Ukur dulu kedalaman sumur (cukup buat tiga rumah kok)
  • Buat gambar segitiga dulu, fungsinya biar 3 sumur saling terhubung dong.
  • Tambah notasi kedalaman buat tiap tiap sumur. Jadi, kamu harus ngitung masing-masing kedalaman sumur dari permukaan air sampe permukaan tanah.
  • Septic tank diletakkan di area yang nggak ada aliran airnya.
  • Kamu juga harus ngitung laju kecepatan air. Ini penting karena bakalan menentukan jarak standar antara septic tank dengan sumur.
  • Materi tangki yang dipake harus kedap air, biar air kotor nggak gampang meresap kedalem tanah ya, Bro!

Kenapa sih harus kecepatan menghitung laju air?

Bro, bakteri E-Coli adalah bakteri pathogen dan bisa hidup loh selama tiga hari. Kecepatan air tanah di Jawa mencapai 3 m per harinya, jadi harus perhatiin jara ideal yaitu:

3 hari x 3 m per hari + 1 m = 10 meter (kurang lebih)

Iya sih, kecepatan air di masing-masing daerah bisa berbeda. Misalnya nih, di daerah B, kecepatan air mencapai 2 m per hari. Itu artinya, jarak aman antara septic tank ke sumur sebaiknya 6 meter.

Itulah kenapa, posisi dari septic tank yang kamu buat itu bisa mempengaruhi kesehatan keluarga. Bakteri pengurai bisa kamu manfaatin biar septic tank bisa optimal.

Jadi, jangan buang bahan-bahan kimia lewat toilet dan masuk ke septic tank. Justru bisa bikin mati seluruh bakteri pengurai itu, kaya pemutih pakaian, pembersih lantai hindari semua.

Terakhir kamu juga harus sadar dengan pentingnya sanitasi loh, kenapa? Ya ini dia syarat biar kehidupan lebih baik. Soalnya, tanpa sanitasi yang baik, pembuangan limbah bisa mencemari lingkungan.

Nah, ini dia nih cara membuat septic tank di daerah perkotaan:

Cara Membuat Septic Tank Teknik Tiga Ruang

Teknik sangat cocok buat kamu yang pengen bikin septic tank dengan ruang atau lahan luas. Itu artinya, kamu bakalan bikin septic tank dengan jumlah tiga ruang tertutup.

Septic tank tiga ruang juga dibuat dengan ukuran bervariasi, mulai dari sedang sampai jumbo. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Gali tanah dulu, yaitu sekitar 2 x 1 meter, sedangkan dalamnya adalah 1 meter.
  • Siapin bata deh, buat dindingnya. Bikin tiga ruang dan kasih di ding sekat dari batu bata, 1 pc : 4 pc.
  • Buat bagian bawah resapan: ijuk, pasir, kerikil. Sekat pertama dibiarin ada lubangnya, dengan ukuran 20 x 50 cm. Ini penting, Bro karena biar volume ruang pertama bisa maksimal buat ngisi ruang kedua.
  • Tambahin lubang di bagian ruang kedua, bisa di tengah atau di atas. Fungsinya biar debit kotoran bisa ditahan, jadi airnya doang yang masuk ke dalam ruang.
  • Ruang ketiga, buat dinding dan dasarnya nggak perlu diplester. Biar limbah kotoran cair tinggal meresap doang ke dalam tanah.

Teknik Kedua: Bikin Septic Tank Dua Ruang

Untuk lahan yang sempit nih, septictank dua ruang jadi teknik populer. Bro. Biasanya sih di bangun di tempat dengan lahan terbatas dengan kondisi rumah berhimpitan.

Nggak cuman itu, banyak orang yang pilih septictank dua ruang itu juga karena lebih mudah. Tau nggak sih kalo septic tank model ini juga lebih hemat, praktis, juga cepat?

Nah, bikinnya juga nggak jauh beda dengan septic tank tiga ruang. Septic tank 3 ruang punya 2 lubang, yaitu lubang di atas dan di bawah, tapi kalo dua ruang punya 1 lubang di atas doang.

Lubang septictank dua ruang letaknya di tutup dan bikinnya juga nggak begitu besar. Kamu bisa pake paralon atau besi buat pipa, ukurannya bisa 2-inch atau 3-inci.

Fungsi lubang adalah biar air bisa masuk ke ruang kedua. Jadi Bro, seluruh endapan lumpur bakalan berada di ruang pertama.

Kalo rumah berisi lima orang, biasanya sih ya, volume ideal septictank adalah 0,45 m3. Terus, ruang basahnya cukup 1,3 m3 dan tambahin juga ruang ambang batas yaitu 0,4 m3. Kamu juga bisa ngatur ukuran ini sesuai kebutuhan berapa total orang yang tinggal di rumah.

Kesimpulan

Jadi kalo bikin septic tank nih, ini semua harus kamu cek ya Bro:

1. Tengki itu nggak cuman buat kakus atau pembuangan tinja doing loh. Tapi juga buat bak air bekas, mulai dari mandi sama air cucian.

2. Jangan karena pengen irit, kamu jadi nggak pernah nguras tangki ya. Paling nggak, septic tank harus rajin dikuras 3 tahun sekali sama jasa sedot WC yang berpengalaman.

3. Mulai sekarang, biasain deh buat nggak buang bahan kimia apapun di tengki septik. Bahan-bahan kimia berbahaya itu kayak karbol yang buat bersihin lantai, insektisida, juga pemutih pakaian.

4. Walaupun tinja udah jadi lumpur nih, bukan berarti kamu nggak perlu nguras lagi, ya Bro. Tetep aja, tengki harus dikuras karena lumpur juga berbahaya buat lingkungan.

5. Kalo mau nguras tengki, pastikan bahwa semua harus sesuai standar, cek juga peralatan yang digunakan petugas pengurasan.

6. Jangan buang hasil kurasan lumpur ke sungai, tempat terbuka, tapi harus dibuang di instalasi pengolah lumpur tinja.

Oke gitu doang sih, cara membuat septic tank yang bisa kamu coba di rumah, nih. Semoga bisa membantu dan jangan lupa buat tes dulu biar bener-bener clear nggak ada masalah, semoga bermanfaat!

Sumber:

https://www.kompasiana.com/andree23com/573a9fe6ba93731d05c055c7/ini-dia-cara-membuat-septic-tank-yang-baik-dan-benar-ciri-rumah-sehat?page=2

https://asiacon.co.id/blog/cara-membuat-septic-tank-dengan-buis-beton

https://www.aetra.co.id/sahabat_aetra/detail/59/Cermat-Menempatkan-Septik-Tank-di-Area-Padat-Penduduk

http://legalstudies71.blogspot.com/2015/08/membuat-septictank-di-lingkungan-padat.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *