5 Cara Kerja Jasa Kuras Septic Tank Untuk Penanganan Limbah

jasa kuras septic tank

Pernah penasaran dengan bagaimana cara kerja jasa kuras septic tank ketika menangani limbah dari sepiteng kalian?

Jasa kuras tersebut juga terkenal dengan sebutan jasa sedot WC. Pekerjaan yang satu ini terdengar sepele, tapi bukan hal gampang loh!

Pekerjaan tersebut tergolong pekerjaan berat, karena para pelaku usaha tersebut harus membersihkan kotoran dalam septictank masyarakat. Jadi, nggak boleh jijik, dan butuh pengalaman. Karena, proses menguras septic tank juga tidak boleh sembarangan.

Bagaimana Jasa Kuras Septic Tank Bekerja?

Secara umum, perusahaan yang menyediakan jasa kuras wc akan memberikan dua pilihan layanan sesuai kebutuhan.

Anda mungkin menghubungi tukang sedot wc untuk menguras septic tank penuh. Ketika toilet tampak mampet, air sulit masuk, maka agen tersebut akan memecahkan masalah dengan menyedot isi sepiteng.

Mereka bekerja menggunakan mesin penyedot khusus, mesin tersebut terhubung pada tangki truk pengangkut tinja melalui selang. Jadi, petugas akan cek kondisi septic tank terlebih dahulu, jika terdapat lumpur mengeras.

Lumpur mengeras membutuhkan proses pengenceran atau blower supaya bisa encer dan dilakukan penyedotan.

Apakah Jasa Kuras Septic Tank Membantu Saluran Air?

Biasanya, ada layanan kedua yaitu untuk mengatasi toilet atau saluran air yang mampet. Hal ini karena masih berhubungan dengan septic tank penuh, septic tank rusak, atau karena ada barang yang menyumbat saluran.

Solusinya yaitu dengan tembak pada lubang saluran atau menggunakan vakum. Bahkan ada juga mesin spiral khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga layanan jasa sedot WC Lumajang harga 90 ribuan

Bagaimana Cara Kerja Mesin Kuras Septic Tank?

Nah, mesin sedot WC ini sangat penting karena sangat membantu kebutuhan banyak orang untuk mengatasi limbah sepiteng. Kalau sampai menunda pengurasan toilet, justru bisa menghambat kegiatan rutin setiap hari.

Jadi, bagaimana jasa kuras septic tank bekerja menggunakan mesin?

Setelah mengetahui apa sih permasalahan pada toilet pelanggan, tukang sedot WC akan menyedot sampai tuntas, jika memang karena septic tank sudah penuh.

Tapi, ada juga kotoran mengeras akibat menunda penyedotan. Kotoran mengeras tentu membuat proses penyedotan lebih sulit. Limbah ini berubah padat, sehingga harus melewati proses pengenceran.

Mobil sedot wc tampil dengan adanya tangki dan selang besar. Jika anda amati, mirip truk Pertamina atau PDAM.

Nah, seluruh tinja yang sudah melewati proses penyedotan akan mereka angkut ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, atau dikenal dengan IPLT.

Dari Jasa Kuras Septic Tank Ke IPLT Keputih, Surabaya

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Keputih, Surabaya merupakan instalasi untuk mengolah lumpur tinja, sudah ada sejak tahun 1991.

Desain instalasi tersebut mampu menampung sampai 400 m3 tiap harinya. Pengolahan  IPLT adalah mengolah secara fisik dan biologis. IPLT keputih juga telah memenuhi kualitas, sesuai baku mutu Kepmen LH No.5 tahun 2014.

Mengingat tangki septic punya kapasitas terbatas, maka perlu melakukan pengurasan lumpur tinja. Lumpur tinja yang sudah masuk dalam tangki septic domestik dari jasa kuras septic tank nantinya akan masuk ke IPLT.

IPLT adalah upaya pemerintah, supaya dapat meningkatkan cara pengolahan serta pembuangan lumpur, dan instalasi tersebut akrab lingkungan.

Pemerintah kota Surabaya punya visi sanitasi, supaya mewujudkan adanya pelayanan kebersihan bagi seluruh masyarakat Surabaya. Pelayanan tersebut harus handal, ramah lingkungan, juga tepat guna dengan menyediakan sistem sanitasi pengolahan limbah domestik.

Sistem sanitasi dalam pengolahan limbah tersebut yaitu sistem terpusat, atau terkenal dengan sebutan off site system.

Kota Surabaya punya off site system sendiri loh! Berada di Kelurahan Keputih, Kec. Sukolilo. Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa pengolahan limbah dalam IPLT Keputih, terdapat 8 unit  pengolahan, yaitu:

  • Bak pemisah lumpur
  • Unit ekualisasi
  • Parit oksidasi
  • Unit pengendap akhir
  • Unit distribusi
  • Kolam pematangan
  • Pengering lumpur
  • Unit kolam pengering lumpur

Bagaimana Pengolahan Lumpur Tinja?

IPLT Keputih Surabaya menggunakan prinsip pengolahan fisik, yaitu memisahkan padatan, serta menggunakan pengolahan biologis.

Lumpur tinja dari seluruh truk milik jasa kuras septic tank akan masuk dalam SSC, sudah ada bar screen pada awal unit. Fungsi bar screen adalah menyaring seluruh partikel besar yang mengapung sebelum akhirnya masuk dalam SSC.

Baca juga Informasi tentang sedot WC Banyuwangi Dinas Kebersihan

Proses Penyaringan Lumpur Tinja

Lumpur tinja juga harus melewati proses penyaringan, memisahkan pasir juga kerikil, sampai adanya pemisahan cairan dan padatan. Padatan akan berada dalam bagian atas lapisan SSC.

Sedangkan cairan yang masuk dalam lapisan penyaring, sebutannya adalah filtrat, akan masuk dalam pipa underdrain pada dasar SSC menuju sump well. Ada juga cairan yang tidak masuk dalam lapisan penyaring, namanya adalah supernatant, akan masuk ke pintu gutter ke arah unit BT.

Hanya padatan limbah yang tersisa pada lapisan pasir SCC. Dengan menggunakan crane, terjadi pengangkatan padatan limbah ke dump truck, dan petugas akan membuang ke unit DA.

Proses Dewatering

Pada DA, adanya cake akan melalui proses dewatering, karena bantuan sinar matahari. Sehingga, IPLT Keputih Surabaya mampu menghasilkan tanah kering, nantinya jadi tanah urug dan petugas IPLT bisa membuangnya atau bahkan masyarakat sekitar dapat memanfaatkannya.

Sementara itu, pada bagian BT, supernatant akan masuk secara rata. Dengan bantuan pompa pada berbagai unit OD yang beroperasi, maka filtrate yang semula pada unit SSC dan SDB akan berpindah ke sump well, lalu terjadi proses pompa untuk air pengencer unit OD.

Tanpa bantuan jasa kuras septic tank, maka seluruh proses tidak akan terjadi secara lancar. Terdapat pula proses biologis pada supernatan, proses aerobik tersebut terjadi karena adanya penggunaan mammoth rotor. Proses aerasi terjadi sekaligus adanya proses anoksik.

Proses Aerasi

Karena proses aerasi, menghasilkan biological floc, kemudian mengalir ke DBI, unit untuk mengumpulkan supeernatan pada OD dan mengalirkan lumpur secara rata ke FC.

Pada FC, supernatan juga akan mengendap, sehingga air dan biological floc akan terpisah. Air ini menjadi air bersih, melewati v-notch ke unit PP. Sementara sisa lumpur dari proses sedimentasi berada pada dasar unit FC, dan melewati proses pengerukan menggunakan scrapper.

Alat tersebut bergerak berkeliling dari unit FC perlahan, mengumpulkan lumpur dan mengumpulkannya pada sludge hopper, dan kemudian lumpur akhirnya mengalir ke DB II.

Canggihnya, IPLT Keputih Surabaya pada bagian unit PP akan memproses air bersih, menghilangkan nutrient dan menjernihkan air sampai kualitasnya benar-benar higienis.

DB II juga bekerja untuk menampung lumpur pada unit FC, dan terjadi proses distribusi kumpur ke SDB, lumpur tersebut populer dengan istilah RAS. Lalu ada proses resirkulasi ke OD melalui pompa.

Akibat penggunaan pompa, RAS bergerak ke mixing basin, bersama air bersih dari pengolahan unit PP. Fungsinya adalah air pengencer, lumpur dan air jadi satu dan mengalir ke SDB, melewati proses filtrasi.

Proses tersebut memisahkan padatan dan cairan, sehingga air masuk dalam lapisan penyaring ke pipa underdrain, bagian dasar SDB lalu bergerak ke sump well.

Padatan tetap pada atas permukaan pasir, mengikuti proses dewatering, menghasilkan tanah kering, atau tanah urug, atau juga bisa untuk pupuk.

Nah, sekarang anda sudah tahu seperti apa jasa kuras septic tank mampu melayani kebutuhan masyarakat, sampai bagaimana proses terjadi setelah truk tangki tinja menguras septic tank anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *