Cara Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi Paling Ampuh

Diposting pada
Cara Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi Paling Ampuh

Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi itu nggak susah kok. Punya kamar mandi yang nggak ada noda kerak bikin suasana nyaman. Apalagi, kalo kamar mandi tampak cantik dan bau wangi.

Yang jelas, kerak bisa muncul karena sabun juga air bercampur dan nempel di lantai keramik. Lagi nyari cara nih gimana sih ngilangin kerak di lantai kamar mandi? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

Bersihkan Kerak Kamar Mandi Pakai Cuka

Percaya nggak Bro, kalo kamu bisa pakai cuka buat ngilangin kerak loh! Caranya juga terbilang gampang. Kamu bisa mulai dengan  pindah isi cuka di botol semprot. Semprot cuka di area lantai kamar mandi yang mau dibersihin.

Biarin larutan cuka di atas lantai tersebut sampai 10 menit. Terus, bilas pakai air panas dan biarin dulu supaya air nyatu dengan cuka. Uap panas ini nanti yang bakalan melarutkan lapisan kotoran.

Lanjut pakai air panas lagi sampai 2 menit, terus lap di bagian yang sudah disemprot tadi dengan spons basah. Spons harus sering dibersihin biar nanti proses bersihin keramik juga hasilnya maksimal.

Terakhir, kamu tinggal keringin lantai keramik pakai handuk kalo sudah dibersihin. Nah,  abis itu kamu tinggal pakai lilin mobil atau biasa disebut car wax. Nggak usah banyak-banyak, satu sendok aja Bro.

Tuang lilin mobil di spons basah, terus oles ke keramik pakai gerakan melingkar. Fungsinya adalah biar keramik tampak kinclong kayak sebelumnya.

Menggunakan Kaporit

Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi berikutnya juga bisa kok pakai Kaporit. Walaupun sering dipakai sebagai disinfektan, bahan kimia ini juga bisa kok ngilangin kerak di lantai kamar mandi. Cara bersihin pakai kaporit juga gampang kok.

Pertama, siapin air panas mendidih, terus siram lantai kamar mandi. Lanjut dengan taburin tuh bubuk kaporit ke bagian yang berkerak. Biarin dulu sampai 30 menit.

Pakai sikat kamar mandi buat gosok kerak lantai sampai keliatan luntur, ya Bro. Terus, terakhir pakai air bersih buat bilas. Nggak perlu pakai air panas.

Menggunakan Asam Sitrat

Nama lainnya adalah asam sitrun. Bahan makanan ini bisa loh dipakai buat membersihkan kerak lantai kamar mandi. Caranya juga gampang.

Pertama, pakai air sabun cuci cair atau batu apung buat gosok lantai dulu. Terus, bilas pake air dingin biar sabunnya ilang, Bro.

Nggak usah tunggu lantai kamar mandi kering, kamu bisa langsung taburin tuh bubuk asam sitrat di bagian kerak lantai. Terus, biarin dulu sampe 60 menit.

Pakai sikat, gosok sampai keraknya keangkat. Terus pakai air bersih buat bilas. Kalo kerak di lantai kamar mandi itu membandel, kamu harus ulangi metode ini sampe tiga kali.

Baking Soda

Selain berbagai bahan di atas, kamu juga bisa kok menggunakan bahan lainnya buat bersihkan lantai kamar mandi yang berkerak. Misalnya dengan pakai baking soda. Pakai bahan tersebut dalam jumlah banyak juga dapat mengatasi kerak lantai kamar mandi membandel.

Caranya siapin dulu baking soda sama air panas, Bro. Terus, bubuhin dinding juga lantai kamar mandi pakai baking soda. Lanjut dengan percik air panas. Biarin dulu 1 jam.

Kalau udah 1 jam, sikat lantai kamar mandi pakai kawat kasar atau sikat kamar mandi. Terus, tinggal bilas sampe bersih deh!

Garam Non Iodium

Kok bisa sih garam non iodium bikin bersih lantai kamar mandi? Gini bro, jadi fungsinya nggak jauh beda dengan scrub. Garam ini punya struktur kasar. Mineralnya juga tinggi.

Nggak heran ya kalau fungsinya juga bisa menghilangkan kerak yang ada di dinding atau di lantai kamar mandi. Nggak cuman itu, kalo dicampur dengan cuka putih, maka efeknya jadi lebih manjur.

Caranya, kamu butuh 2 kilogram garam non idoium. Siapin juga cuka putih ya Bro. Lanjut dengan siram, atau juga bisa disemprot cuka putih di lantai atau dinding berkerak. Terus, taburin tuh garam non iodium.

Biar hasilnya efektif, pakai kawat aluminum ketika menggosok lantai atau dinding. Kalau udah disikatin nih, tinggal bilas pakai air anget.

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Yang Benar

Pilih Alat Pembersih

Hal-hal lainnya yang harus kamu perhatikan sebagai cara membersihkan kerak lantai kamar mandi adalah alat pembersih.

Bagian ini bakalan menentukan hasil akhir, Bro. Kalo kamu pakai alat yang sesuai dengan tingkat kesulitan kerak, pasti bakalan keliatan hasil sebelum dan setelah dibersihkan.

Kamu bisa pakai spons, sikat, kain bekas, tergantung keraknya. Kadang ada juga kerak yang letaknya itu di celah sempit. Jadi, bakalan susah banget buat dibersihin.

Untuk kerak yang modelnya kayak gitu, kamu bisa bersihin pakai sikat gigi bekas. Sedangkan untuk kerak membandel, pakai aja kawat cuci piring.

Kalau lantai kamar mandi ada celah-celahnya, pasti itu bikin kerak tumbuh disana. Nah, begitu tumbuh, langsung aja bersihin pakai spons kasar. Jangan nunggu numpuk, Bro.

Kerak yang ada di sela-sela lantai atau keramik kadang susah buat dibersihin. Tapi, kamu bisa pakai cairan pembersih dan sikat kasar.

Kerak Harus Langsung Dibersihin

Kerak di bagian toilet juga kadang tampak mengganggu. Kamu bisa pakai cairan pemutih, ammonia, boraks, atau cuka. Nggak usah campur-campur bahan lagi. Soalnya, emang cairan pembersih lantai kamar mandi juga udah banyak produk yang dijual, Bro.

Kerak yang menahun bakalan susah untuk dibersihin. Bahkan, bisa bikin kamu jadi harus ganti lantai kamar mandi.

Pokoknya jangan sampai kamu biarin menahun. Ini bakalan susah banget loh untuk diilangin.

Cara Mencegah Kerak Lantai Kamar Mandi Muncul

Nah, kamu sudah baca tuh semua tentang cara membersihkan kerak lantai kamar mandi. Sekarang, waktunya kamu juga tau Bro, kenapa kerak bisa timbul. Termasuk gimana caranya biar mencegah muncul kerak.

Tipe Kamar Mandi

Kerak itu problem utama kamar mandi yang lembab dan basah. Jadi, triknya adalah bikin kamar mandi tipe kering.

Nggak Boleh Ada Kebocoran

Ini nih yang paling sering diabaikan, Bro. Bocor di tembok kamar mandi, air toilet meluber, atau apapun itu di bagian pipa air, keran, pancuran. Semuanya itu harus dibenerin. Soalnya kalo bocor terus, mengalir campur air sabun, jadinya berkerak.

Sirkulasi Udara

Ventilasi di kamar mandi bakalan membantu buat ngurangin kelembaban. Inget, kalo lembab pasti kerak muncul, Bro. Itulah kenapa, kalo siang mendingan buka aja jendela kamar mandi.

Terus, tutup lagi kalo ujan. Atau, kamu juga bisa kok mencegah kelembaban dengan pakai exhaust fan.

Cegah Kerak Kamar Mandi Dengan Kebersihan

Terakhir ini, hal penting yang harus dibiasain oleh seluruh orang rumah. Toilet itu tempat buang kotoran. Kamar mandi tempat buat bersihin badan. Jadi, kalo area itu kotor, bisa dibayangin gimana nggak sehatnya rumah nanti.

Itulah kenapa, jaga kebersihan. Jangan ada baju kotor yang basah di kamar mandi terlalu lama. Sisa sabun dan shampoo yang tercecer juga harus dibersihin biar nggak ada kerak lagi.

Untuk Anda yang sedang mengalami toilet atau kloset mampet, baca juga artikel kami lainnya, cara memperbaiki toilet American Standart mampet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *